Sabtu, 20 September 2014

RPP BAHASA INGGRIS IT's ME kelas 7 kurikulum 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama satuan pendidikan        : SMP N 4 SUNGAI KERUH
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/semester                        : VII/1
Materi pokok                            :It’s Me
Alokasi waktu                      : 4 x 40 menit


A.       Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan ( faktual, konseptual, dan prosedural ) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat ) dan ranah abstrak ( menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang ) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi dasar dan indicator pencapaian kompetensi:
Kompetensi Dasar (KD):
1.1.     Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3.      Menunjukkkan perilaku tanggung jawab, percaya diri, kerjasama,  dalam melaksanakan Komunikasi fungsional
3.2.   Memahami fungsisosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
  perkenalan diri. Serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
Indikator :
a.    Mengidentifikasi struktur kalimat yang digunakan dalam memperkenalkan diri
b.    Menanyakanidentitas diri
c.    Meresponpertanyaantentangidentitasdiri

4.2 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang perkenalan diri dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsisosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator :
a.    Mendemonstrasikan perkenalan diri dengan ucapan dan intonasi yang baik
b.    Menuliskanbeberapakalimatsederhanatentangmemperkenalkandiri

d.  Tujuan pembelajaran :
1.    Siswa dapat mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks perkenalan diri.
2.    Siswa dapat menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang perkenalan diri.

D.  Materi Pembelajaran      :
1.    Teks lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon perkenalan diri
2.    Fungsi sosial
Memperkenalkan diri untuk menjalinhubungan interpersonal dengan guru danteman
3.    Struktur teks
Myname is ..., I’m ..., I live in ... ,What’s your name?, Where do you come from
4.    Unsur kebahasaan
Ø  Kosa kata : name, old, live, favorite, spell
Ø  Tata bahasa :To be : is , am , are.kata ganti I, he, she, they;
katagantikepunyaan, my, your,his, their)
Ø  ucapan,
Ø  tekanan kata,
Ø  intonasi.

E.   Metodepembelajaran
-          Pendekatan                     : Scientific Approach
-          Model pembelajaran         :
-          Metode                           : grouping

F.   Sumberdan media pembelajaran
1.    Sumber        : 2013.When English Rings The Bell.Jakarta.Kemendikbud.
2.    Media          : Kertas bergambar, internet.

Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
Ø  Guru memberi salam
Ø  Guru memotivasi siswa
Ø  Guru menyampaikan apersepsi
Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

5 menit
Inti
Mengamati ( Observing )
Ø  Siswa mengamati guru memperkenalkan dirinya sendiri secara lisan.
Ø  Siswa mengamati teks tentang perkenalan diri. ( activity 5 – 6 chapter 2 )
Ø  Siswa mendengarkan guru membaca teks tentang perkenalan diri dan menirukan ucapan guru

Menanya ( Questioning )
Ø  Guru member kesempatan kepada peserta didik untuk mempertanyakan  dan menanyakan gambar-gambar yang ada pada teks tentang perkenalan diri
dengan memberikan situasi atau stimulan sehingga siswa memahami struktur teks perkenalan diri seperti : -I’m ..
My name is... I live...
- What’s your name ?-when were you born ? Where are you from ? What’s your address ? what’s your hobby ? What’s your favorite color ?



Ø  Siswa bisa membedakan ungkapan perkenalan diri dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Mengumpulkan informasi :
Ø  Guru menyuruh peserta didik bertanya jawab tentang perkenalan diri secara berkelompok. role play. ( activity 10, activity 11 chapter 2 )
60 menit
Penutup
Ø  Siswa membuat Jurnal Belajar ( refleksi )
Ø  Guru memberi tugas kepada siswa secara berkelompok untuk mengerjakan Projek mencari contoh kartu identitas WNI &WNA dari sumber lain
15 Menit

Pertemuan 2

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
Ø  Guru memberi salam
Ø  Guru memotivasi siswa
Ø  Guru menyampaikan apersepsi
Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

5 menit
Inti
Mengasosiasi :
Ø  Guru menyuruh siswa untuk membandingkan ungkapan perkenalan diri yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
Ø  Guru  mengkonfirmasi struktur teks, unsur kebahasaan yang ada pada ungkapan perkenalan diri seperti : I’m ..., My name is..., Tobe ( is, am, are ) kata ganti ( he,she, they, we, .. )

Mengkomunikasikan :
Ø  Siswa secara individu mendemonstrasikan perkenalan diri dengan ucapan dan intonasi yang baik di depan kelas

60 menit
Penutup
Ø  Siswa membuat Jurnal Belajar ( refleksi )
Ø  Guru memberi tugas kepada siswa secara individu untuk mengerjakan Projek membuat poster tentang identitas orang yang disukai. ( Activity 12-13 )



G. Penilaian
     1. Jenis/teknik penilaian
a.Aspek pengetahuan
-          Jenis/teknik penilaian      : Tes tulis

b. Aspek Ketrampilan
-          Jenis penilaian : Unjuk kerja

c.  Aspek Sikap
-          Jenis Penilaian : Observasi, Penilaian teman sejawat.

       2. Bentuk instrument
a. Bentuk :  Tes tulis
1.    Please write your identity
Hello, my name is ........................
I am .................... years old
I am a student of ...................
I live in ......................
My favorite color is ................
My favorite food is ............
Nice to meet you.

b.      Tes lisan
1.    Describe your identity in front of the class!

3.   Rubrik Penilaian
Format Penilaian Individu
A.  NamaKegiatan             : ____________________________________________
B.   TanggalPelaksanaan     : ____________________________________________
C.  Nama                         : ____________________________________________
D.  NIS                            : ____________________________________________ 
No
Aspek yang Dinilai
Nilai
Knowledge

1
Tujuan Komunikatif

2
Keruntutan teks

3
Pilihan kosa kata

4
Pilihan Tata Bahasa







Attitude

1
Kerja sama

2
Tanggungjawab

5
Percayadiri (confidence)

Writing Skills

1
Kesesuaian isi dengan judul

2
Keruntutan teks

3
Pilihan kosa kata

4
Pilihan Tata Bahsa




Speaking Skills

1
Pengucapan ( Pronounciation)

2
Intonasi ( Intonation )

3
Kelancaran ( Fluency )

4
Ketelitian ( Accuracy )

Total

Rata-Rata







5.    Pedoman penskoran
a.       Untuk tes tertulis:
-          Untuk setiap jawaban benar = 1
-          Jawaban kurang benar = 1
-          Jawaban salah = 0,5
-          Tidak menjawab = 0
Nilai = jumlah score X 10
                   6
b.       Untuk tes lisan
-          Skala penilaian dibuat rentang dari 1 s.d 5.
-          Penafsiran angka:
a.1  = sangat kurang
b. 2 = kurang
c. 3 = cukup
d. 4 = baik
e. 5 = amat baik

                                                                                    Setia Jaya,  Agustus  2014
Mengetahui:                                                      Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Negeri  4 SK



I R S A N,S.Pd                                                   SUHARTATI,S.Pd.
NIP.197103271995121001

  



1.  Observasi: 
LembarPengamatanSikapPesertadidik

No
              Indikator Sikap.

Nama Peserta didik.
Bertanggung jawab
peduli
Kerja sama
Percaya diri
Santun
1






2






3






4






Note: Setiapaspekmenggunakanskala 1 s.d. 5
1 = Sangat Kurang  2 = Kurang  3 = Cukup 4 = Baik   5 = Amat Baik

2.  Portofolio
Rubriks Portofolio (Format 1)
Nama Peserta didik    : ________________________________________
Kelas                         :  _______________________________________
Guru                         : ________________________________________
NO
               Kreteria
Aspek
SB
B
C
K
1.
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar

5 kreteria terpenuhi
4 Kreteria terpenuhi
3 Kreteria terpenuhi
≤ 2 kreteria terpenuh
2.

Ada rekaman monolog teks deskriptif
3.
Ada kumpulan karya peserta didik yang mendukung proses penulisan teks diskriptif berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
4.
Ada kumpulan hasil tes dan latihan.
5.
Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat
3.  PenilaianDiri
Bentuk: jurnal belajar
Contoh Format:
My Learning Journal
Name:
A summary of what I have covered:
Things I am still not sure of:
What do I need to do to overcome these uncertainties?
Things I have  learned successful today:
4.  Penilaian Sejawat
Berupa komentar



                                                                                    Setia Jaya,  Agustus  2014
Mengetahui:                                                    Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Negeri 4 SK


I R S A N,S.Pd                                                 SUHARTATI,S.Pd.
NIP.197103271995121001

6 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. trmksh, btw sudah adakah contoh rpp revisi 2016

    BalasHapus
  3. min, itu kok setelah nomer 3 rubrik penilaian langsung nomer 5. nomer 4 nya mana ya min? apa koneksi saya yang jelek ya..
    trims :D

    BalasHapus